BKPRMI Pidie Gelar Festival Anak Shaleh Indonesia XI Se Kabupaten Pidie

Suaraperistiwa.com,Pidie – Dewan Pengurus Daerah Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Kabupaten Pidie menggelar Festival Anak Shaleh Indonesia (FASI) XI Se-Kabupaten Pidie.

Acara kegiatan dipusatkan di tiga titik lokasi yaitu Masjid Al-Huda Bambi, Sekolah MIN Bambi dan SKB Bambi, di wilayah Kemukiman Bambi Kecamatan Peukan Baro Kab Pidie ,Pada Minggu 27 Oktober 2019.

Adapun Festival Anak Shaleh Indonesia (FASI) XI ini di buka langsung oleh Ketua Majlis Pertimbangan Daerah BKPRMI Pidie, Tgk. M. Yani, S.Ag

Ketua Majlis dalam sambutanya menyampaikan bahwa Kegiatan seperti ini dan kegiatan-kegiatan keagamaan lainnya harus terhormat serta Harus dijaga bersama-sama di Kabupaten Pidie.

Dengan Melalui Festival Anak Shaleh Indonesia (FASI) XI Kabupaten Pidie, serta Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid (BKPRMI) menegaskan siap menjadi pelopor utama dalam memakmurkan masjid.

Lanjutnya FASI hari ini harus berkualitas, para juri harus bekerja profesional, harus objektif sehingga menghasilkan para juara yang mampu bersaing pada even FASI Tingkat Provinsi bulan depan ini.

Dalam kesempatan yang sama Ketua DPD BKPRMI Pidie, Tgk. Nazarullah, S.Ag Kehadiran BKPRM juga untuk mengembalikan masjid sebagai pusat peradaban, masjid bukan sekedar tempat shalat tetapi juga kegiatan keislaman,Karena BKPRM menjadi penyemangat syiar Islam di Kabupaten Pidie dalam memaknurkan masjid adalah pusatnya Ujarnya.

Walaupun Kegiatan Festival Anak Shaleh Indonesia (FASI) XI dengan dana yang sangat minim yang bersifat swadaya/sumbangan dari para Pengurus BKPRM Pidie, Para Pimpinan TPA yang ikut dalam FASI XI, dan para Donatur lainya, tapi kegiatan ini sangat meriah dan sukses terlaksananya berkat kerja keras semua pihak, kata Tgk. Nazarullah, S.Ag.

Dan Alhamdulillah dengan bantuan dari semua pihak khususnya panitia dan pimpinan TPA,ustaz/ustazah serta para wali santri yang telah berpartisipasi dalam menyukseskan Festival anak shaleh indonesia (FASI) LPPTKA BKPRMI PIDIE.

Dan telah terpilih para peserta terbaik dari kab.pidie yang akan mewakili Pidie di ajang FASI tingkat propinsi yang Insya Allah akan di laksanakan pertengahan bulan november 2019 di Banda Aceh,kami menyadari masih banyak kekurangan .atas kekurangan dan ketidak nyaman mohon maaf.kedepan lebih baik.Tutupnya Tgk Nazar.

Tgk. Darwin Juwaini. S.Ag, MH,Selaku Ketua Panitia Pelaksana FASI,Mengatakan bahwa FASI kali ini di jadikan ajang silaturrahmi, evaluasi pembinaan santri TPA dan mencari kader-kader untuk keikutsertakan dalam ajang MTQ XXXVI Tingkat Kabupaten Pidie.

Kepada peserta FASI XI ini yang yang meraih juara dan berprestasi akan di kut sertakan pada FASI Tingkat Provinsi pada tanggal 15 s/d 17 Nopember 2019 Tahun ini.

Tgk Darwin Juwaini juga Mengakatakan Adapun pada kegiatan FASI tahun ini BKPRMI Pidie memperlombakan Ada tiga tingkat cabang yang diperlombakan, Diantara nya Kategori TQA ( Usia max 15 Tahun ), TPQ ( Usia max 12 Tahun ) dan TKA ( usia 7 tahun )

Masing – masing dalam kategori cabang yang diperlombakan tersebut adalah sebagai berikut :

1. Perlombaan Tingkat TQA dengan cabangnya
a. Cab. Tilawah Pa/Pi
b. Cab. Tahfiz
c. Cab. Cerdas Cermat
d. Cab. Kisah Islami Pa/Pi
e. Cab. Kaligrafi Pa/Pi
f. Cab. Pidato Bahasa Indonesia Pa/pi

2. Perlombaan Tingkat TPQ dengan cabangnya
a. Cab. Tartil Al-Qur’an Pa/Pi
b. Cab. Azan dan Iqamah
c. Cab. Nasyid Islami
d. Cab. Cerdas cermat
e. Cab. Mengambar
f. Cab. Pidato Bahasa Indonesia Pa/pi

3. Perlombaan Tingkat TKA dengan cabangnya
a. Cab. Tartil Al-Qur’an Pa/Pi
b. Cab. Azan dan Iqamah
c. Cab. Nasyid Islami
d. Cab. Peragaan Shalat
e. Cab. Cerdas Cermat
f. Cab. Mewarnai
g. Cab. Pidato Bahasa Indonesia Pa/pi

NAMA-NAMA TPA/TPQ YANG MENGIRIM PESERTA PADA FASI XI TINGKAT KABUPATEN PIDIE

1. TPQ / TPA Peudaya Padang Tiji Kec. Padang Tiji, jumlah peserta 36 orang
2. TPQ / TPA Al-Mubaraqah Kec. Kb. Tanjong, jumlah peserta 26 orang
3. TPQ / TPA Ummi Gp. Are Kec. Indrajaya jumlah peserta 26 orang
4. TPQ / TPA Istiqamah Teupin Raya Kec. Glp. Tiga, jumlah peserta 13 orang
5. TPQ / TPA Al-Falah Kec. Kota Sigli, jumlah peserta 17 orang
6. TPQ / TPA Bina Ukhuwah Kec. Kota Sigli,jumlah peserta 15 orang
7. TPQ / TPA Darul Hidayah Lampoih Saka kec. Peukan Baro, jumlah peserta 21 orang
8. TPQ / TPA Darul Qur’an Blang Asan Kec. Kota Sigli, jumlah peserta 16 orang
9. TPQ / TPA Nurul Fata Blang Doet Kec. Tangse, jumlah peserta 13 orang
10. TPQ / TPA Darul Imam Tijue Kec. Pidie, jumlah peserta 5 orang
11. TPQ / TPA Darul Huda Caleu Kec. Indrajaya, jumlah peserta 6 orang
12. TPA / TPQ Al-Huda Kampong Baro Kec. Pidie, jumlah peserta 6 0rang
13. TPA / TPQ Bambi Raya Kec. Peukan Baro, jumlah peserta 17 orang

Dan TPQ/TPA yang banyak mengirim peserta adalah TPQ/TPA Peudaya Kecamatan padang Tiji dengan jumlah peserta 26 orang.

Semua pemenang cabang tersebut akan di perlombakan ke tingkat provinsi dan nasional nantinya.

Dan Kegiatan ini rencananya dilaksanakan satu hari penuh, dan hari itu juga direncanakan akan diumumkan pemenangnya,Sekaligus pemberian piala dan piagam sertifikat bagi pemenang dalam lomba Festival Anak Shaleh Indonesia tersebut.Tutur ketua Penitia.

T. Sabirin, SH.MM Kepala Dinas Syariat Islam Yang Mewakili Pemerintah Kabupaten Pidie,Mengatakan sangat mendukung kegiatan FASI XI yang dilaksanakan oleh BKPRMI Pidie dan memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas kesukseskan dilaksananya acara tersebut.

Dan Apalagi pada memperingati Maulid Akbar Nabi Besar Muhammad Saw 1441 H pada 09 Nopember 2019 Mendatang di Masjid Agung Al-Falah Sigli Pemerintah Pidie bekerjasama dengan BKPRM Pidie dan RTA Cab. Pidie akan melaksanakan kegiata Perlombaan Cerdas Cermat Sirrah Nabawiyah yang di laksanakan oleh BKPRMI Pidie dan Perlombaan Musabaqah Shalawat antar Dayah Se-kabupaten Pidie.Ujar kadis Syariat.

 

 

 

Pengirim : Musdir

Publiser : Dima

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below