Hujan Deras Landa Kota Banda Aceh, Puluhan Rumah Dikepung Banjir

Hujan Deras Landa Kota Banda Aceh, Puluhan Rumah Dikepung BanjirReviewed by Redaksion.This Is Article AboutHujan Deras Landa Kota Banda Aceh, Puluhan Rumah Dikepung BanjirSuaraperistiwa.com,Banda Aceh – Hujan Deras disertai angin kencang landa Kota Banda Aceh dan mengakibatkan banjir setelah hujan deras mengguyur selama beberapa hari terakhir.   Derasnya Curah hujan yang tak kunjung berhenti membuat air sejumlah di sungai meluap.   Dalam hal ini, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Aceh memperkirakan keadaan seperti ini masih berlanjut […]

Suaraperistiwa.com,Banda Aceh – Hujan Deras disertai angin kencang landa Kota Banda Aceh dan mengakibatkan banjir setelah hujan deras mengguyur selama beberapa hari terakhir.

 

Derasnya Curah hujan yang tak kunjung berhenti membuat air sejumlah di sungai meluap.

 

Dalam hal ini, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Aceh memperkirakan keadaan seperti ini masih berlanjut hingga 2 sampai dengan 3 hari ke depan.

 

Menurut Zakaria, hujan yang terus turun itu akibat terbentuknya tekanan rendah di Selat Malaka sebelah utara Provinsi Aceh, sehingga terjadi belokan angin dan konvergensi masa udara di atmosfer wilayah Aceh.

 

“Oleh karena itu, uap air yang terbawa oleh pergerakan masa udara berkumpul di atmosfer Aceh. “Hal ini mengakibatkan tumbuhnya awan-awan konvektif atau awan- awan hujan yang disertai angin kencang dan juga petir,” jelas Zakaria.

 

Zakaria menambahkan, selain hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, tekanan rendah di Selat Malaka juga berpengaruh terhadap tinggi gelombang di perairan Aceh, mencapai 1,5 hingga 4 meter.

 

Dia meminta nelayan agar berhati-hati saat melaut. Sementara warga diminta waspada menghadapi kemungkinan terjadinya banjir.

 

“BMKG Aceh mengimbau agar waspada banjir genangan maupun banjir luapan atau banjir kiriman, juga waspada tanah longsor untuk wilayah dataran tinggi dan juga perlu berhati-hati pohon tumbang,” ujarnya.[HDI]

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below