Memperingati Hari Dharma Karyadhika, Kemenkumham ; SDM Kemenkumham Tidak Boleh Lagi Gagap Teknologi

Suaraperistiwa.com,Jakarta – Kecepatan, akurasi, dan kecermatan menjadi dasar dalam pelayanan publik dan pengelolaan birokrasi di negeri ini.

Transformasi dari budaya kerja birokrasi yang konvensional menuju birokrasi digital di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) tergantung dari kemampuan adaptasi Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimilikinya.

SDM Kemenkumham harus mampu mengelola dan mempergunakan fasilitas kemajuan teknologi informasi dalam bekerja.

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham), Yasonna H. Laoly, menegaskan SDM Kemenkumham tidak boleh lagi gagap teknologi, semua harus bisa mengoperasikan komputer dengan baik.

“Kompetensi SDM sangat mempengaruhi keberhasilan transformasi birokrasi digital,” ucap Yasonna saat menjadi inspektur upacara pada Peringatan Hari Dharma Karyadhika Tahun 2019.

Pengembangan SDM memang tengah menjadi fokus utama dalam pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden K.H. Ma’ruf Amin.

“Melihat urgensi penerapan birokrasi digital ini, saya minta seluruh SDM Kemenkumham segera bertransformasi dengan kemajuan teknologi informasi yang berkembang pesat,” ujarnya di lapangan upacara Kemenkumham.

Menkumham meminta seluruh jajaran Kemenkumham, dibawah koordinasi Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM), untuk memberikan pendidikan dan pelatihan kepada para Aparatur Sipil Negara (ASN) di unitnya masing-masing.

Materi-materi yang dipelajari harus up to date, based on information technology, dan mampu menjawab isu-isu strategis.

BPSDM Hukum dan HAM sebagai koordinator harus mampu meningkatkan kualitas SDM Kemenkumham.

“Corporate University harus segera direalisasikan, karena itu adalah bagian dari upaya Kemenkumham untuk menghasilkan ASN yang kompeten dan berdaya saing tinggi, yang mampu bersaing dengan kementerian/lembaga lain, sehingga ke depan sudah tidak ada lagi ASN yang kompetensinya rendah,” kata Yasonna, Rabu (30/10/2019).

Upacara Peringatan Hari Dharma Karyadhika diikuti oleh seluruh pegawai di lingkungan Kemenkumham, dan dihadiri oleh Ketua Ombudsman, Amzulian Rifai; Mantan Menkumham, Hamid Awaluddin; dan Hakim Mahkamah Konstitusi, Wahiduddin Adams.[]

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below